First blog post

This is your very first post. Click the Edit link to modify or delete it, or start a new post. If you like, use this post to tell readers why you started this blog and what you plan to do with it.

post

Advertisements

Sudah Nikah? Jangan Lebay ahh! 

​“Ternyata nikah itu enaknya cuma 5%. Yang 95%? Enaaaak sekali..” status seseorang yang baru aja nikah.

“Lagi nyiapin sarapan buat suami tercinta nih.. semoga my hubby senang..” status seseorang yang lain lagi.

“ Pagi sayangku, cintaku…I love you istriku…” wall seseorang di facebook istrinya.

“ Lagi nemenin istri belanja…tugas pertama sebagai suami yang baik.” Tulis yang lainnya lagi.
Belum lagi foto-foto mesra baik sebagai foto profil atau pamer foto-foto jalan-jalan.. Huff…

Menikah bagi yang baru saja melaksanakannya memang menjadi suatu kebahagiaan tersendiri. Berubah status, berubah nuansa kehidupan dan masih banyak lagi yang lainnya. Banyak cara untuk mengekspresikannya dan sah-sah saja karena memang ditujukan kepada seseorang yang sudah sah.

Tapiiii….. tak jarang bentuk ekspresi seperti itu terkesan lebay, berlebihan. Haruskah ekspresi sayang dan bentuk perhatian serta aktifitas keseharian dengan suami/istri dituliskan di media umum? Atau mungkin memang pengen diketahui aktifitasnya ?

Kalau ada yang bilang salahkah hal itu? Kan aku tulis di facebook-ku sendiri atau di facebook suami/istri sendiri bukan suami/istri orang lain?

Teman….. Tak selamanya apa yang kita lakukan harus dinilai dengan benar atau salah. Kita tentu sadar bahwa teman-teman yang ada di facebook berasal dari berbagai macam karakter manusia, mempunyai berbagai latar belakang yang tak sama, mungkin juga kondisi yang kurang beruntung dibanding kita.

Toleransi. Itu yang ingin saya sampaikan. Diantara teman-teman di facebook, ada yang belum beruntung dipertemukan dengan jodohnya. Boleh jadi dia lebih khusyu’ dalam berdoa, lebih besar penantiannya dalam mendambakan belahan jiwa, namun Allah belum mengijinkan dia menikah. Bayangkan betapa merindunya dia. Diapun pengen sekali mengatakan betapa bahagianya dia menikah, mempunyai suami/istri dan berbagai aktifitas yang semuanya bisa bernilai ibadah.

Bagaimanapun karakter dia, ketahuilah sedikit banyak ada rasa cemburu dengan kemesraan yang ditunjukkan melalui jejaring sosial seperti facebook. Kalau sudah begitu tegakah kita (bagi yang sudah menikah) membuat saudara sendiri cemburu, membuat dia mengangankan kapan tiba waktunya menikah, atau yang paling buruk membuat dia tidak sabar menanti. Bisa jadi dia berkata “ Ya Allah kapankah tiba waktuku? Berapa lama lagi hamba harus menunggu..”

Di sisi lain, kita juga harus berpikir. Untuk apa sih mengumbar kemesraan di dunia maya? Agar semua orang tahu kalau kita sayang banget sama suami/istri? Ingin semua orang tahu kalau kita adalah suami/istri yang baik? Lalu setelah semua orang tahu, apa manfaatnya bagi kita?

Bukankah sebaiknya kemesraan itu lebih kita maksimalkan dalam bentuk kasih sayang di rumah, sementara di luar rumah jangan pula terlalu banyak mengumbar kemesraan. MEMANG SUDAH HALAL, namun TIDAK AHSAN alias GAK BAIK bro n sist.. Bukankah kemesraan itu selayaknya tidak jadi bahan konsumsi umum. Iya kalau bener-bener seperti itu. Kalau ternyata hanya untuk menutupi kekacauan yang ada di rumah tangga, lalu terbongkar aslinya maka akan lebih memalukan lagi.

Tidakkah cukup suami/istri kita saja yang merasakan kasih sayang dan mengakuinya. Tak perlulah berkoar-koar di jejaring sosial. Sama tak perlunya juga menuliskan aktifitas keseharian di facebook.

Kita boleh bilang ”status, status gue, nulis di facebook gue, kenapa elu yang sewot?”

Maka orang lain-pun juga bisa bilang “ facebook, facebook gue, gue yang baca sendiri, kenapa status elo yang norak mampir di facebook gue.. gak penting banget.. gue unfriend ajalah..”

Teman, kita juga perlu untuk bertoleransi di dunia maya. Tidak perlulah terlalu sering menulis status-status yang mengumbar kemesraan , komen-komen yang genit dan menggoda, juga kalau bisa hindari upload foto-foto kemesraan dengan pasangan. Hargai perasaan teman-teman kita yang belum menikah. Bukan mereka tak mau, bukan mereka tak laku tapi yakinlah bahwa Allah punya rencana yang terbaik bagi mereka. Jangan kita mendzalimi saudara kita. Maridoakan saja saudara, keluarga dan teman-teman yang belum menikah agar segera bisa ditakdirkan menikah. Bagi yang sudah menikah kita doakan semoga semakin bertambah barakah.

Selanjutnya, ketika mengumbar kemesraan dengan pasangan yang halal saja perlu berhati-hati, apatah lagi kemesraan dengan yang tidak halal.

Anak Sering Sakit? Mungkin ini Salah Satu Penyebabnya

Afiyah Zalwa Azzahra

Putri Pertamaku yang InsyaAllah sebentar lagi menginjak usia 2 Tahun. Ibu mana yang tidak suka mengabadikan momen anaknya. Terlebih anak pertama, dimana ia baru pertama kali memiliki berkah Allah SWT nan lucu dan menggemaskan. Saya termasuk tipe Ibu Milenial yang sangat suka memamerkan kelucuan dan kepintaran Afiyah di Social Media Pribadi saya. 

Hampir sebagian besar foto yang saya posting di Social Media adalah foto Afiyah. Berbanding terbalik dengan Suami. 

Sempat terlintas beberapa Option (Su’udzon) saya terhadap suami. 

  1. Tidak mau terlihat sudah menikah dan punya anak. 
  2. Karena menikah muda,  Saya fikir beliau malu dengan rekan yang masih asik dengan status lajang
  3. Selingkuh (menjaga perasaan wanita lain) 

Suami Saya berasal dari keluarga yang bisa dibilang “Faham Agama” beda dengan saya yang berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja. Saya sempat tanya ke suami “kenapa kamu jarang banget yang pasang foto zalwa?” Beliau cuma kasih saya video ceramah seorang ustad tentang Penyakit Ain yang sama sekali gak saya ngerti. Saya cuek dan berfikiran itu cuma Alibi dia. 

Dan puncak kekesalanku terjadi kemarin saat liburan tahun baru kami sekeluarga liburan ke Puncak. Saya ratusan kali memotret Afiyah dengan berbagai tingkah lucunya dan menguploadnya di social media tapi Suami gak sama sekali 😤. Saya kesal dan lagi-lagi tanya dengan agak marah.

“Kenapa sih ga mau ngapload? Dosa yaa? Kali ini gamau dijawab pake ceramah ustad lain!  Kamu harus jawab sendiri” dan akhirnya saya dapat jawaban panjang kali lebar kali tinggi. Kira-kira gini

Ini bukan soal dosa atau hukumnya yang haram. Dan ini tentu bukan sesuatu yang terlarang. Kalau kamu mau ngaplod foto anakmu, atau foto siapa saja asal tidak melanggar SARA dan melindas privacy orang lain, yaa tafadhol, silahkan saja.

Bukan berarti yang gak ngapload foto lebih baik lho yaa.. Bisa jadi justru dengan mengaplod foto aktifitas anak-anak akan memberikan inspirasi kepada orang lain dan tentu jika dinilai dari sisi kemanfaatan justru bernilai lebih. Sebentuk ilmu yang bermanfaat. Maka di sini tentulah mengaplod foto adalah sesuatu yang baik.
Sebagaimana sebagian orang memilih untuk mengaplod foto anaknya, maka sebagian yang lain tentu juga boleh memilih untuk tidak mengapload… 🙂
Bukannya apa-apa. Mungkin aku yang terlalu sulit untuk mengendalikan niat yang mungkin semula bukan bermaksud untuk memperlihatkan kebolehan anak kita. Setan memang sangat halus dalam menggoda. Kadang, samar pada publikasi tersebut terselip rasa bangga, “ini anak saya bisa begini”, “anak saya cantik kaan?”, “anak saya pinter kaan?”. Bisa jadi, di antara orang-orang yang terlintas untuk sekedar membacanya, memiliki keinginan yang sama terhadap anak-anaknya dan itu belum terwujud. Bisa jadi, ada hati yang bersedih setelah melihat postingan kita yang mungkin bagi kita biasa saja. 

Mungkin saja di antara ratusan teman-teman yang terkoneksi dengan jejaring maya kita, ada sebagian yang tengah merindukan kehadiran buah hati yang lucu dan postingan kita tentang anak-anak kita justru menambahkan kesedihannya. Sebab kita tidak bisa menyelami dasar hati dan mengukur kedalaman perasaan orang lain, kan ya.

Alasan berikutnya adalah; memajang foto apapun di ruang publik, berarti kita juga mesti siap dengan konsekuensi bahwa foto itu menjadi milik publik. Siapa saja dapat mengakses foto itu dan dapat digunakan untuk keperluan apapun. Na’udzubillaah… bagaimana jika foto anak kita sampai di tangan orang-orang tak bertanggungjawab semisal predator sex atau pedophilia? Pasti kita tak rela jika anak kita menjadi incaran mereka kan ya. 

Maka jika pun kita memilih untuk mengaplod foto anak di ruang maya, hindarilah untuk memajang foto anak tanpa busana–misal sedang mandi–meskipun anak-anak belum baligh.

Ada alasan lainnya yang merupakan alasan terpenting yang mendasari komitment suami.Ini tentang penyakit ‘ain yang sebelumnya suami coba kasih pemahaman. Sejujurnya saya baru mendengar tentang penyakit ‘ain ini… Sebuah nasihat yang Indah dari suami tercinta. Berikut ini adalah penjelasan tentang penyakit ‘ain secara detil. Mohon maaf lupa sumbernya dari mana jadi tidak dicantumkan. Semoga yang berbagi ilmu mendapat kebarokahan… 🙂

***

Apa itu Penyakit ‘Ain?

Ibu A : “Ini loh, anak saya belum genap dua tahun paling pintar diantara teman – teman sebayanya. Sudah bisa lari – lari, udah pinter ngomong, makannya lahap, makanya badannya montok. Duh, senengnya…”

Ibu B : “Baguslah, iya Si A emang pinter ya? Anak saya malah baru bisa jalan lebih dari 15 bulan. Makannya juga susah banget nih…”

Malamnya, si A rewel tidak seperti biasanya. Tidak mau menyusu. Kejadian itu berlangsung terus menerus hingga beberapa bulan lamanya. Tibalah waktunya si A disapih, namun dia masih enggan makan. Sepanjang malam rewel tanpa sebab, sehingga membuat badannya kurus kering. Sering sakit dan tidak lincah seperti sebelumnya. Setelah periksa ke DSA (Dokter Spesialis Anak), sang Dokter pun mengatakan tidak ada indikasi medis apapun.

Apa itu Penyakit ‘Ain?

Secara harfiah, penyakit ‘Ain itu diambil dari kata ‘ana-Ya’inu (bahasa Arab) artinya apabila ia menatapnya dengan matanya. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, kemudian diikuti oleh jiwanya yang keji, kemudian menggunakan tatapan matanya itu untuk menyampaikan racun jiwanya kepada orang yang dipandangnya. Sehingga, apa yang dilihat oleh hati yang hasad dapat membahayakan Orang lain. Penyakit ‘Ain bukanlah penyakit medis, tetapi dapat mengganggu kesehatan Orang yang terkena ‘Ain. Yang paling rentan terkena penyakit ‘Ain adalah anak – anak dan Balita, karena mereka masih lemah dan belum bisa membentengi dirinya sendiri dari pengaruh jahat di sekitarnya. Tidak menutup kemungkinan, akan menimpa Orang Dewasa, Ibu Hamil, Hewan, bahkan Harta Benda.

Dari Ilustrasi kasus di atas, terlihat jelas bahwa Ibu A tengah menceritakan tentang kepintaran anaknya kepada Ibu B. Namun, kondisi anak Ibu B tidaklah lebih baik dari Si A. Secara tersirat, Ibu B merasa iri dengan perkembangan Si A yang bagus. Dari perbincangan inilah, panah hasad mengenai si A. Sehingga, menyebabkan malamnya si A rewel. Padahal, dari lisannya meluncurkan pujian, namun disertai rasa dengki, yang tentu saja, Setan turut berperan dalam membidikkan panah ‘Ain, hingga mengenai sasarannya.

Penyakit yang diderita anak-anak tidak semuanya bisa dideteksi dengan ilmu kedokteran. Ada juga sebab syar’i yaitu penyakit ‘ain. Sebagaimana pernah terjadi di zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau pernah melihat anak perempuan di rumah Ummu Salamah istri beliau. Di wajah anak itu ada warna kehitaman. Beliau kemudian berkata kepada Ummu Salamah,“Ruqyahlah dia, karena dia terkena ‘ain.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Apakah Penyakit ‘Ain Benar Adanya?

Secara hakiki Penyakit ‘Ain itu benar adanya. Dari Ibnu Abbas Radhyallahu ‘anhumma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “’Ain itu benar adanya, andaikan ada sesuatu yang dapat mendahului taqdir maka ‘ain akan mendahuluinya, dan apabila kalian diminta untuk mandi maka mandilah.” (HR. Muslim).

Penyakit ‘ain itu benar-benar ada dan bukan khurafat yang dihubung-hubungkan dengan pujian. Sebagaimana anggapan sebagian besar masyarakat Indonesia bahwa pujian kepada seorang anak akan menyebabkan sakit. Jadi bukan pujian yang menyebabkan dampak buruk bagi anak yang dipujinya, melainkan bermula dari pandangan mata sang pemujinya, baik pujian itu karena ada rasa iri atau karena benar-benar ada kekaguman.

Bagaimana Cara Kerja Penyakit ‘Ain?

Ibnu Hajar berkata :”Sebagian orang merasa bingung, mereka bertanya: ‘Bagaimanakah cara kerja ‘ain sehingga bisa memudharatkan orang dari jarak yang jauh?’, sudah banyak sekali orang yang tertimpa sakit dan kekuatannya melemah hanya karena pandangan mata, semua itu terjadi karena ALLAH menciptakan di dalam unsur ruh suatu kekuatan yang bisa memberikan pengaruh, dan karena pengaruh tersebut sangat berkaitan dengan mata maka pengaruh yang ditimbulkannya disebut al-ain (mata), sebenarnya bukan mata yang memberikan pengaruh akan tetapi yang sebenaranya terjadi adalah pengaruh ruh, maka pandangan yang keluar melalui mata seorang (yang hasad atau kagum) adalah panah maknawi yang jika mengenai suatu jasad yang tidak berperisai maka panah tersebut akan mempengaruhi badan dan jika tidak berpengaruh berarti ia tidak mengenai sasarannya akan tetapi kembali kepada pemiliknya, persis sama dengan panah biasa”.

Oleh karenanya, panah yang keluar dari mata adalah panah berupa ungkapan tentang sifat seseorang, ia adalah racun lisan, buktinya adalah seorang yang buta bisa menimpakan penyakit ‘ain kepada orang lain, dan Setan yang selalu mengintai melahap ungkapan lisan yang tidak dibarengi dengan menyebut nama ALLAH sehingga bisa berpengaruh pada jasad orang yang didengki dengan izin ALLAH jika jasad tersebut tidak dibentengi (dengan Dzikir dan Wirid).

Bagaimana Cara Mengetahui Seseorang Terkena ‘Ain?

A. Pada Orang Dewasa Yang sehat Jasmani

1.) Kepala pusing

2.) Wajah yang menguning

3.) Banyak berkeringat

4.) Banyak Kencing

5.) Sering ingin muntah dan menguap

6.) Sedikit tidur atau banyak tidur

7.) Tidak mempunyai nafsu makan

8.) Basah pada kedua tangan dan kaki yang disertai dengan kesemutan, hati bergetar, perasaan takut yang tidak normal, marah dan temperamental yang berlebihan, sedih dan sempit di dalam dada.

9.) Nyeri pada bagian punggung dan antar kedua pundak

10.) Tidak bisa tidur pada waktu malam

Tanda – tanda di atas terkadang ada baik semua maupun sebagian, tergantung pada kekuatan ‘ain trsebut dan banyaknya orang yang menyebabkan penyakit ‘ain, sebagaimana tanda – tanda ini juga terdapat pada orang yag tidak terkena penyakit ‘ain atau karena orang tersebut dijangkiti penyakit medis pada anggota badan atau jiwanya.

B. Pada Bayi, Balita dan Anak – anak

1.) Tangisan yang tidak wajar yang tidak kunjung hentiAisyah Radhiyallahu ‘anha berkata : “Suatu ketika Nabi masuk (rumahnya) kemudian mendengar bayi sedang menangis. Beliau berkata,”Mengapa bayi kalian menangis? Mengapa tidak kalian bacakan ruqyah – ruqyah (supaya sembuh) dari penyakit ‘ain?) (Shahihul jami’ 988 n0.5662)

2.) Kejang-kejang tanpa sebab yang jelas

3.) Tidak mau menyusu kepada ibunya tanpa sebab yang jelas

4.) Kondisi tubuh yang sangat kurus keringDari Jabir Radhiyallohu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memberi rukhshoh (keringanan) bagi anak-anak Ja’far memakai bacaan ruqyah dari sengatan ular. Beliau berkata kepada Asma’ binti Umais,”Mengapa aku lihat badan anak-anak saudaraku ini kurus kering? Apakah mereka kelaparan?” Asma’ menjawab : “Tidak, akan tetapi mereka tertimpa ‘Ain.” Kata beliau, ”Kalau begitu bacakan ruqyah bagi mereka!” (HR Muslim, Ahmad dan Baihaqi).

Bagaimana Upaya Orang Tua Agar Anak Terhindar Dari Penyakit ‘Ain?

1. Hendaklah orang tua membiasakan diri mereka membentengi anak-anaknya dari bahaya ‘ain dengan ruqyah-ruqyah (bacaan-bacaan) yang diajarkan dalam Islam. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Nabi shallallahu allaihi wa sallam memohon perlindungan ALLAH untuk Hasan dan Husain dengan doa :

أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

“U’idzukuma bi kalimaatillaahit taammati min kulli syaithonin wa haamatin wa min kulli ‘ainin laamatin.”

“Aku berlindung kepada ALLAH untuk kalian berdua dengan kalimat – kalimat ALLAH yang sempurna dari segala syaitan, binatang yang berbisa dan pandangan mata yang jahat.” (HR. Abu Daud)

2. Sebagaimana yang telah disebutkan oleh Imam Ibnul Qoyyim dalam Zadul Ma’ad 4/159, hendaknya para orang tua tidak menampakkan suatu kelebihan yang menakjubkan yang dimiliki anak-anaknya yang dikhawatirkan akan mengundang rasa iri atau kedengkian orang yang melihatnya. Lalu Ibnu qoyyim menukil atsar dari Imam Baghowi bahwasanya pernah suatu ketika Utsman bin Affan Radhyallahu ‘anhu melihat seorang anak kecil yang sangat elok rupanya lagi menawan, kemudian Ustman berkata, “Tutupilah (jangan ditampakkan) lubang dagu (yang membuat orang takjub) pada anak itu.” Maka keadaan seperti itu sangat dikhawatirkan akan terjadinya pengaruh buruk ‘ain. Lebih-lebih kalau ada orang yang terkenal mempunyai sifat iri dan dengki.

3. Hendaklah para orang tua tidak berlebihan menceritakan kelebihan – kelebihan atau kebaikan – kebaikan anaknya yang tidak dimiliki anak-anak lain, sehingga mengundang rasa iri dan dengkii siapa saja yang mendengarnya, kemudian berusaha melihatnya, hingga ALLAH menakdirkan terjadinya pengaruh buruk ‘Ain tersebut.

Upaya Apa Yang Harus Ditempuh Jika Anak Tertimpa Penyakit ‘Ain?

1.) Memandikan Pelaku ‘Ain

Jika telah diketahui pelaku ‘Ain-nya, maka perintahkanlah ia agar mandi kemudian air yang dipakai mandi tersebut diambil dan disiramkan kepada orang yang terkena ‘Ain dari arah belakangnya.

Dari Umamah bin Sahl bin Hunaif, bahwasannya ayahnya telah menceritakan kepadanya : Bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam pergi bersamanya menuju Makkah. Ketika sampai di satu celah bukit Kharar di daerah Juhfah, maka Sahl bin Hunaif mandi. Ia adalah seorang yang yang berkulit sangat putih dan sangat bagus. Maka ‘Amir bin Rabi’ah – kerabat Bani ‘Adi bin Ka’b – memandangnya ketika ia sedang mandi. ‘Amir berkata : ‘Aku belum pernah melihat seperti sekarang, juga tidak pernah melihat kulit wanita perawan bercadar’. Maka tiba-tiba Sahl jatuh terguling (karena sakit. Maka datag Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dan dikatakan kepada beliau : “Wahai Rasulullah, apa kira-kira yang terjadi pada Sahl ? Ia (Sahl) tidak bisa mengangkat kepalanya dan sekarang ia belum juga sadar”. Kemudian Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bertanya : “Apakah ada seseorang yang kalian curigai ?”. Mereka berkata : “Amir bin Rabi’ah telah memandangnya”. Kemudian Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam memanggilnya lalu memarahinya dan bersabda : ‘Mengapa salah seorang diantara kalian hendak membunuh Saudaranya ? Mengapa ketika kamu melihat sesuatu hal yang menakjubkanmu, kamu tidak memberkahi ?”. Kemudian beliau berkata kepadanya : “Mandilah untuknya !”. Kemudian ‘Amir mencuci mukanya, kedua tangannya, kedua sikunya, kedua lututnya, jari-jari kedua kakinya, dan bagian dalam kainnya di dalam bejana. Kemudian (air bekas mandi itu) disiramkan kepadanya (Sahl) oleh seseorang ke kepalanya dan punggungnya dari arah belakangnya. Kemudian bejana tersebut ditumpahkan isinya di belakangnya. Maka setelah hal itu dilakukan, Sahl kembali bersama orang-orang dalam keadaan tidak kurang suatu apa (sehat kembali). ” (HR. Ahmad, Malik, dan Nasa’i)
Bisa juga pelaku ‘Ain cukup berwudhu saja dan kemudian air bekas wudhunya dipakai mandi oleh orang yang terkena ‘Ain.

Dari ‘Aisyah radliyallaahu ‘anhu ia berkata : “Orang yang melakukan ‘Ain diperintahkan agar berwudlu kemudian orang yang terkena ‘Ain mandi dari air (bekas wudlu tadi)” (HR. Abu Dawud)

At-Tirmidzi menjelaskan : ”Pelaku ‘ain diperintahkan untuk mandi dengan menggunakan air dalam baskom. Lalu meletakkan telapak tangannya di mulut dan berkumur-kumur, lalu disemburkan ke dalam baskom tersebut. Baru setelah itu membasuh wajahnya dengan air dalam baskom tersebut, lalu memasukkan tangan kirinya dan mengguyurkan air ke lutut kanannya dengan air baskom tersebut. Kemudian memasukkan tangan kanannya dan menyiramkan air baskom itu ke lutut kirinya. Baru kemudian membasuh tubuh di balik kain, namun baskom itu tidak usah diletakkan di atas tanah atau lantai. Setelah itu sisa air diguyurkan ke kepala orang yang terkena ‘ain dari arah belakang satu kali guyuran.

2.) Meruqyahnya dan Meletakan tangan ke atas kepala penderita ‘Ain dengan membaca :

بِسْمِ اللهِ أَرْقِيْكَ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ يُؤْذِيْكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفْسٍ أَوْ عَيْنٍ حَاسِدٍ اللهُ يَشْفِيْكَ بِسْمِ اللهِ أَرْقِيْكَ

“Dengan nama ALLAH, aku meruqyahmu dari setiap sesuatu yang menyakitimu dan dari kejelekan setiap jiwa atau mata yang dengki. ALLAH-lah yang menyembuhkanmu. Dengan nama ALLAH aku meruqyahmu” (HR. Muslim)

بِسْمِ اللهِ يُبْرِيْكَ وَمِنْ كُلِّ دَاءٍ يَشْفِيْكَ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ وَمِنْ شَرِّ ذِيْ عَيْنٍ

“Dengan nama ALLAH, mudah-mudahan Dia membebaskanmu, dari setiap penyakit, mudah-mudahan Dia akan menyembuhkanmu, melindungimu dari kejahatan orang dengki jika dia mendengki dan dari kejahatan setiap orang yang mempunyai ‘Ain (mata dengki)” (HR. Muslim)

3.) Meletakkan tangan di bagian atas yang sakit dan meruqyah dengan QS. Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Naas, Ayat Kursi, bagian penutup surat al – Baqarah (dua ayat terakhir), serta mendo’akan dengan do’a ruqyah yang syar’i.

4.) Membacakan pada air (dengan bacaan –bacaan ruqyah yang syar’i) disertai tiupan, dan kemudian meminumkan pada penderita,dan sisanya disiramkan ke tubuhnya. Hal itu pernah dilakukan Rasulullah shollallhu alaihi wa sallam kepada Tsabit bin Qois. (HR. Abu Daud)

5.) Dibacakan (bacaan) pada minyak dan kemudian minyak itu dibalurkan. (HR Ahmad). Jika bacaan itu dibacakan pada air zam-zam,maka yang demikian itu lebih sempurna jika air zam-zam itu mudah diperoleh atau kalau tidak, boleh juga dengan air hujan.

Sunnah – Sunnah Ketika Memandang Takjub Terhadap Sesuatu

1. Mendoakan keberkahan kepada apa yang dilihatnya

Dari Amir bin Robi’ah Radhiyallahu ‘anhu :

Rasullullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Jika salah seorang dari kalian melihat sesuatu yang menakjubkan dari saudaranya, pada dirinya atau pada hartanya, maka doakan keberkahan padanya, karena sesungguhnya penyakit ain itu haq (benar). (HR Ahmad).

Di antara cara mendoakan keberkahan terhada apa yang dilihatnya adalah :

اللَّهُمَّ بَارَكَ اللَّهُ فِيهِ

“Ya ALLAH Semoga ALLAH memberikan berkah padanya”

اللَّهُمَّ بَارِكْعَلَيْهِ

“Ya ALLAH berkahilah atasnya”

اللَّهُمَّ بَارِكْلَهُ

“Ya ALLAH Berkahilah Baginya ”

2. Hendaknya Mengucapkan :

مَا شَاءَ اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

“Sungguh atas kehendak ALLAH – lah semua ini terwujud”

Kesalahan – kesalahan Orang Tua Ketika Anak Tertimpa ‘Ain

Meletakkan gunting di bawah bantal si bayi dengan keyakinan itu akan menjaganya. Sungguh ini termasuk kesyirikan karena menggantungkan sesuatu pada yang tidak dapat memberi manfaat atau menolak bahaya.

Mengalungkan anak dengan Jimat, Penangkal Tolak Bala, dan lain sebagainya. Ini juga termasuk perbuatan syirik dan hanya akan melemahkan si anak dan orang tua karena berlindung pada sesuatu selain ALLAH Subhanahu wa Ta’ala. Dan sungguh, amat dashyat ancaman bagi Pelaku Syirik. Yaitu Dosa Besar Menyekutukan ALLAH dengan selainNya, serta tidak akan diampuni hingga Pelakunya benar – benar bertaubat.

Apakah Memajang Foto Di Facebook Dapat Menyebabkan Penyakit ‘Ain?

Hadits Abu Umamah bin Sahl bin Hunaif di atas menunjukkan bahwa orang yang terkena penyakit ‘ain karena dipandang secara langsung.Adapun apakah mungkin terkena penyakit ‘ain jika dipandang melalui fotonya atau gambarnya maka kami belum mengetahui penjelasan ulama akan hal tersebut, silakan ditanyakan kepada para Ustadz lainnya. 

Akan tetapi membuat gambar – gambar bernyawa apakah yang dibuat oleh tangan maupun mesin adalah terlarang berdasarkan keumuman dalil diharamkannya gambar bernyawa tanpa memberikan pengecualiaan untuk gambar yang dibuat oleh mesin. Berdasarkan banyak hadits, diantaranya,
“Dari Aisyah radhiyallahu’anha, seorang istri Nabi shallallahu’ala ihi wa sallam, bahwasannya beliau mengabarkan kepada Nabi shallallahu’alaihi wa sallam, bahwa beliau telah membeli bantal yang padanya terdapat gambar-gambar bernyawa, ketika Rasulullah shallallahu’ala ihi wa sallam melihatnya, maka beliau hanya berdiri di pintu, tidak mau memasuki rumah. 

Aisyah pun mengetahui ketidaksukaan Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam yang tergambar pada wajah beliau, Aisyah berkata, “Wahai Rasulullah, aku kembali kepada ALLAH dan Rasul-Nya, apakah dosaku?” Beliau bersabda, “Untuk apa bantal ini?” Aisyah menjawab, “Aku belikan untuk engkau duduk di atasnya dan bersandar padanya.” Maka Rasulullah shallallahu’ala ihi wa sallam bersabda,
“Sesungguhnya para pemilik gambar-gambar ini akan diazab pada hari kiamat dan dikatakan kepada mereka: Hidupkan yang telah kalian ciptakan.”

Dan Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya rumah yang terdapat padanya gambar-gambar bernyawa tidak akan dimasuki oleh malaikat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Sebagai bentuk kehati – hatian, sebaiknya tidak memajang foto Bayi, anak – anak, maupun Wanita di Facebook.

Sikap Terbaik Dalam Menyikapi Bahaya ‘Ain

Perlulah kita selalu mengingat, bahwa sekalipun kita mengetahui bahaya ‘ain memiliki pengaruh besar dan berbahaya, namun tidaklah semua dapat terjadi kecuali dengan ijin ALLAH Subhanahu wa Ta’ala. Dan kita sebagai orang Islam tidaklah berlebihan dalam segala sesuatu. Termasuk dalam masalah ‘ain ini, maka seseorang tidak boleh berlebihan dengan menganggap semua kejadian buruk berasal dari ‘ain, dan juga tidak boleh seseorang menganggap remeh dengan tidak mempercayai adanya pengaruh ‘ain sama sekali dengan menganggapnya tidak masuk akal.

Ini termasuk pengingkaran terhadap hadits-hadits shahih Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam. Sikap yang terbaik bagi seorang muslim adalah berada di pertengahan, yaitu mempercayai pengaruh buruk ‘ain dengan tidak berlebihan sesuai dengan apa yang dikabarkan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Mulai dari ini saya mengambil keputusan untuk meminimalisir adanya foto Afiyah di Social Media,  mengingat Afiyah sudah beberapa kali di Opname di RS dan kalau disambung-sambungkan memang sepertinya ada kaitannya antara pujian-pujian yang datang untuk Afiyah dengan penyakit ‘ain ini. 

Wallahu a’lam bishawab

Workshop Explore Indonesia and Grow your Social Media with Polytron Prime 7

Halo. 

Beberapa Hari yang lalu saya menghadiri sebuah workshop yang sangat bermanfaat menurut saya. Ilmu yang diberikan pembicara benar-benar harus diterapkan dalam bloging khususnya untuk saya dan rekan-rekan newbie.


Untuk menjadi seorang blogger selain ahli mengolah kata-kata, harus pandai menggunakan photography karena Konten yang berkualitas itu selain artikenya bermanfaat bagi pembaca, juga harus dilengkapi dengan foto, video atau infografis agar pembaca suka dengan blog kita.

Senin 18 Desember 2017 saya menghadiri workshop Explore Indonesia & Grow your social media bersama PRIME 7 Polytron dengan narasumber Ashari Yudha dia seorang social media influencer travel blogger.

Di jaman Milenial ini Photography dan social media sangat mempengaruhi apalagi disaat travelling. Setiap orang dapat mengabadikan momennya via kamera 80%, social media 85 % dan lebih dari 100 juta orang di Indonesia sebagai pengguna internet dan social media.

Begitu juga dengan netizen mulai menggunakan medial social untuk sarana branding diri sebagai Branding Influencer. Arti Influencer dengan buzzer itu sebenarnya sama saja, hanya ada perbedaan sedikit kalau influencer itu perorangan sedangkan buzzer dikerjakan secara kelompok.

Bicara soal Kamera Polytron Prime 7 didesain khusus dengan konstruksi frame metal dan teknologi Nano Molding yang persisi sehingga menghasilkan smartphone dengan built quality yang tinggi, menjadikannya kuat sekaligus ringan digenggam untuk melengkapi gaya hidupmu yang aktif. 

Dipadukan dengan layar IPS Retina display dan Gorilla Glass dengan Notive Damage Resistant yang dikenal dengan kekuatan pelindung display yang sudah teruji. Gorilla Glass juga memiliki kemampuan mentransmisikan spectrum warna secara luas sehingga kualitas layar tetap tajam dan kaya warna.

Objek merupakan bagian penting pada Photo Session, karena objek akan membuat foto menjadi jauh lebih hidup dan menarik. Seperti contoh dibawah ini, begitu juga dengan komposisi dan angle sangat penting dalam fotografi.

Photo Session

Objek

Objek pada suatu gambar akan membuat gambar tersebut lebih hidup dan menarik. Foto diatas merupakan satu contoh pentingnya suatu objek dalam foto. Dapat dilihat bahwa objek tersebut benar-benar mempengaruhi fotonya. Capt: itu contoh aja ya guys karna fotonya dadakan kebetulan lupa stok foto 😁
Komposisi Dan Angle

1. Rule of third

Dalam dunia fotografi, rule of thirds atau aturan sepertiga adalah petunjuk bagaimana caranya memosisikan objek di sepertiga bagian dalam foto agar lebih enak dilihat

2. Symmetry

Symmetry dalam foto adalah membagi 2 bagian foto agar menjadi seimbang seperti contoh dalam foto diatas dibagi menjadi 2. Bagian laut dan bagian langit.

3. Perspektif/ Leading Line

Untuk yang satu ini adalah favorit saya.  Dalam perspektif yang melihat foto akan difokuskan ke suatu objek dengan cara menarik garis langsung ke objek.  Dapat dilihat contohnya dari gambar diatas. 

4. Framing

Framing itu bisa diartikan membingkai.  Jadi tekhnik frmaing ini adalah tekhnik membingkai dengan menggunakan benda atau bangunan di lokasi foto untuk memfokuskan ke suatu objek. 

5. Portrait

Portrait juga gak kalah pentingnya loh dalam fotografi,  portrait merupakan gambaran keindahan dari manusia. 

Momen

1. Candid

Kalo menurut saya sih singkatnya candid itu foto yang diambil tanpa menyadari adanya kamera,  jadi sang model sedang tidak menghadap ke kamera dan berpose untuk difoto.  Tapi dengan momen, foto candid tetap akan jadi menarik.  Jadi berfoto juga harus dapat menangkap momen dengan gesit. 

Untuk social media Instagram, foto yang kita upload harus mempunyai konsep VSCO (Visual Supply Co) yang mengedit foto layaknya fotografer professional dengan warna-warna vintage cerah ataupun bergaya gloomy.
Sedangkan Adobe Lightroom lebih efisien dalam menghemat waktu dan tenaga dalam mengedit foto. Dengan menggunakan Lightroom kita tidak perlu repot membuka banyak foto dan mengdit satu persatu seperti di photoshop, cocok untuk fotografer yang bekerja di studio karena dengan melihat gambar langsung di layar monitor mereka bisa melihat dengan detail hasil fotonya.
Sebagai blogger travelling yang sudah melanglang buana, Ashary Yudha menjelaskan tentang online marketing bahwa seorang blogger harus mempunyai media kit sebagai porto folio, dimana kegunaannya agar brand yang akan kerjasama dengan kita lebih mengetahui pengalaman dan kerjasama yang telah kita dapatkan.

Contoh Port Folio

Jangan lupa ratecard disesuaikan dengan jam terbang kita, jangan terlalu rendah, bila ratecard rendah brand juga tidak akan menggunakan jasa kita, Buatlah ratecard pada umumnya.
Untuk ratecard di instagram focus pada Rp 40.000,-. Posting di Instagram sesuai dengan follower, untuk para mom biasanya posting jam 09.00 pagi karena waktu tersebut mom sedang istirahat, jadi bisa ada waktu luang untuk melihat instagram. Sedangkan untuk remaja biasanya posting paga pukul 18.00 waktunya jam pulang kantor.
Nah … untuk pencarian projek campaign marketplace bisa dicari pada situs zift solutions. Dan jangan pernah putus asa bila kita mengajukan penawaran ditolak, jadikan lebih semangat lagi untuk campaign-campaign selanjutnya.

Nah berikut sedikit ilmu yang saya dapat dari workshop seru kemarin.  Semoga dapat bermanfaat untuk yang lain. 

Hair Coloring di Gorjes Salon Galaxy

Setelah memberanikan diri untuk sedikit mengubah warna rambut dengan bantuan salon, saya yang masih cukup penasaran ingin memiliki warna rambut “purple or pink” ini akhirnya memutuskan untuk mencoba “hair colouring”  di salon.

Kebetulan kemarin saya sedang ada urusan di  daerah Galaxy,  dan dapet info dari teman kalo di Galaxy ada salon yang bagus buat Coloring namanya GORJES Salon. Sebelumnya sudah ada tujuh cabang lain yang tersebar di area Jakarta, diantaranya adalah Pasific Plaza, Bintaro Entertainment Center, Wolter Monginsidi, One Bell Park Fatmawati, South Quarter Building dan Bona Indah.

Kemarin saya mengunjungi Gorjes Salon yang ada di Taman Galaxy. Sampai disana saya disapa dengan sangat ramah oleh kasir yang posisinya dekat dengan pintu masuk. Perlakuan ramahnya itu buat saya yang capek dan habis kepanasan diluar jadi 100% berubah moodnya. 

“Tunggu bentar ya mba” ucap ramah si mbak kasir

Akhirnya saya memutuskan untuk menunggu di lounge cantik didepan kasir. Siang itu Bekasi cukup panas, dan Gak nunggu lama saya diajak untuk cuci rambut oleh kapster yang ada. Di Gorjes Salon ini Service treatment yang disediakan cukup beragam mulai dari haircut, hair colouring, creambath, hair spa, smoothing dll.

Ada dua treatment yang ingin dilakukan, namun ternyata hair treatment dan hair colouring tidak bisa dilakukan bersamaan. Sayapun memilih untuk melakukan hair colouring dulu, baru nanti membuat janji lagi untuk hair treatment. 

Sewaktu saya datang ruangan sudah cukup ramai dengan pelanggan Gorjes Salon, untungnya salon ini cukup besar. Ada skat khusus untuk ruangan khusus wanita.  Sangat membantu,  apalagi untuk beberapa muslimah yang tidak ingin auratnya terlihat oleh lawan jenis.

Foto dulu before-nya :))

Untuk proses pewarnaan rambut kali ini saya akan melakukan bleaching karena warna yang diinginkan cukup bright. Produk shampoo dan hair coloring yang dipakai di Gorjes Salon adalah brand KEUNE, produk organic yang aman untuk kesehatan rambut.  Jadi urutannya mulai dari memilih warna, sambil menunjukkan foto warna rambut yang dimau.  Aplikasi obat bleaching, keramas, aplikasi obat pewarna, keramas dan kemudian blow rambut.

aplikasi bleaching
Jadi bule habis di-bleaching :))

Sekitar 3 jam saya menghabiskan waktu disini untuk hair coloring. 
Lalu bagaimana hasil akhirnya? Saya cukup bahagia dengan rambut baru yang berwarna Magenta.

Ketika membayar, saya baru tau kalau disini tuh murah banget menurut saya dengan segala service dan fasilitas yang diberikan serta hadiah menarik lainnya.

Warna rambut akhir

Menurut kamu, warna rambut baru ini cocok ga buat saya?

—–



Alamat Gorjes Salon Galaxy
Jl. Taman Galaxi Raya Blok A No.56, Jaka Setia, Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17147

Cabang lain dari Gorjes Salon


Belajar dari Awkarin untuk Mendidik Anak : Untuk Orang Tua Sibuk

Karin Novilda dan Anya Geraldine adalah dua selebritas media sosial yang sedang nge-hits di kalangan remaja saat ini. Banyak anak muda menjadikan Karin sebagai kiblat fashion.

Mereka bisa mencontek berpakaian Karin yang trendy -meski terlalu terbuka di sana-sini- di akun instagram Awkarin. Selain itu, anak-anak baru gede yang masih berseragam putih-biru juga bisa melihat gaya berpacaran Anya dan kekasihnya yang terbilang vulgar.

Belakangan postingan-postingan Awkarin dan Anya dianggap meresahkan masyarakat. Para orangtua takut anak-anak mengikuti perilaku yang dianggap tidak sesuai dengan norma yang berlaku.

Pada akhirnya, Komisi Perlindungan Anak Indonesia pun turut campur tangan dengan memanggil dan menasihati Karin serta memperingatkan Anya untuk membenahi media sosialnya.

Sebagai orangtua, Anda bisa belajar dari cerita Karin dan Anya. Jadikan kisah ini sebagai peringatan buat Anda agar memerhatikan perilaku anak di rumah, di sekolah dan di media sosial. Namun, bagaimana cara mendidik anak dengan baik jika orangtua selalu sibuk dengan urusan kantor dan tidak punya banyak waktu untuk bertemu anak?

Memang benar, berbagai kesibukan di kantor membuat Anda tidak bisa mengawasi anak setiap saat. Maka Anda bisa melakukan cara-cara efektif untuk mendidik anak agar bisa menjadi pribadi yang baik. Berikut beberapa tips parenting agar anak bisa mandiri dan bertanggungjawab

Membangun kemandirian dan kebiasaan baik

Kebanyakan orangtua lebih fokus pada anak saat mereka membuat kesalahan. Jadi, beberapa anak sengaja melakukan kenakalan untuk mencari perhatian. Apalagi jika anak merasa diabaikan oleh orangtua yang sibuk dengan pekerjaan.

Maka, Anda harus membangun kemandirian dan rasa tanggungjawab pada anak dengan cara yang lebih positif. Misalnya, ketika anak membuang sampah sembarangan, Anda tidak perlu langsung memarahinya.

Anda bisa bilang,”Kalau kamu membuang sampah pada tempatnya, maka kamu telah membantu orangtua dengan tidak membuat rumah menjadi kotor.” Pastikan anak mendapat pesan positif dan mengulangi perilaku yang baik.

Cara yang negatif tidak bisa digunakan untuk mendapatkan keinginan

Biasanya, anak-anak akan meminta perhatian orang tua dengan beberapa perilaku buruk seperti merengek, mengeluh, menunda pekerjaan dan sebagainya. Anda tidak perlu menanggapi setiap rengekan mereka.

Anda juga harus konsisten untuk mengacuhkan sikap manja anak-anak. Jika Anda konsisten, maka mereka akan memahami kalau usaha mencari perhatian oranguta dengan cara negatif tidak akan berhasil.

Melatih anak untuk bertanggungjawab atas tugasnya

Mungkin Anda selalu bersusah payah untuk menyuruh anak mengerjakan tugas sekolahnya. Dia baru mau bergerak setelah Anda mengingatkannya beberapa kali.

Anda bisa mengubah strategi untuk membuat anak lebih mandiri dan mau melakukan pekerjaan rumah tanpa disuruh. Caranya dengan meminta anak untuk melakukan pekerjaan rumah sekali saja, tidak perlu diulang.

Anda bisa membiarkannya memilih untuk tidak melakukan perintah dan tidak bertanggungjawab atas tugasnya. Jika tidak mau mengerjakan tugas, biarkan anak merasakan konsekuensi atas perbuaannya. Misalnya, dia harus mengerjakan tugas larut malam dalam keadaan setengah mengantuk.

Berikan waktu Anda sebagai hadiah atas perbuatan baik anak

Waktu luang Anda adalah hal yang paling berharga untuk anak. Mereka berharap selalu bisa bertemu dengan orangtua yang sehari-hari sibuk bekerja. Maka, Anda harus bisa berjanji untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama jika anak berbuat baik.

Ketika kedua orangtua bekerja, anak-anak akan merasa tersisih. Kehadiran pengasuh, kerabat dekat atau bahkan nenek dan kakek tidak bisa menggantikan ayah dan ibu mereka. Maka, meski Anda sedang sangat sibuk, cobalah luangkan waktu untuk anak-anak.

Buat Anda yang sangat sibuk di kantor, berikut beberapa tips memberi perhatian pada anak.

Pelukan. Mungkin Anda tidak bisa bertemu anak selama satu jam. Tapi, Anda pasti punya waktu dua sampai tiga detik untuk memeluknya sebelum berangkat ke kantor.

Telepon. Anda bisa meluangkan waktu sejenak di sela-sela jam kerja untuk menelepon anak. Dia akan merasa bahwa ayah dan ibu ingin mendengar suaranya walaupun sebentar saja.

Ritual sebelum tidur. Jika sampai di rumah sebelum anak terlelap, maka Anda bisa meluangkan waktu untuk berbicara kepadanya sebelum tidur. Anda bisa bercerita pengalaman lucu dan buruk kepada anak. Dia juga akan mengungkapkan pengalaman di sekolah.

Menulis pesan. Jika harus pergi ke kantor sebelum anak terbangun, Anda bisa menulis pesan semangat di kotak makanan yang akan dibawa si kecil ke sekolah. Anda juga bisa menulis pesan di cermin atau meninggalkan secarik kertas di sebelah bantalnya.

Jika tetap tidak punya waktu untuk melakukan hal sederhana seperti yang disebutkan di atas, mungkin Anda bisa berpikir untuk meninggalkan pekerjaan yang sekarang.

Anda bisa mencari perusahaan lain dengan jadwal kerja lebih longgar. Sehingga Anda punya waktu luang untuk anak. Atau, Anda juga bisa memilih kerja paruh waktu sebagai tenaga kerja lepas. Semua tergantung pada prioritas hidup Anda. Apakah Anda lebih memilih karier atau anak?

Ketika anak-anak mendapat perhatian dari orangtuanya, kemungkinan dia mencari perhatian dari orang lain lebih kecil. Saat berhasil mendidik anak menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggungjawab, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir pada perilakunya di luar rumah.

10 make Up yang harus dimiliki Pemula

Buat kamu yang baru saja memulai untuk mencoba makeup, tidak perlu bingung dengan banyaknya pilihan yang tersedia. Dengan ratusan bahkan ribuan produk yang ada, wajar rasanya kalau ada yang merasa kewalahan untuk mencari informasi dan membaca ulasannya. But don’t you worry, we’re here to help. Simak 10 produk dan alat makeup yang wajib untuk pemula berikut ini!

1. Foundation

Warna wajah bisa terlihat lebih rata dengan menggunakan foundation. It’s a life changer, seriously. Pilih shade foundation yang sesuai dengan kulit wajah, dan pilih tekstur yang ringan agar nyaman digunakan seharian dan hasilnya pun lebih natural. Anda bisa mencoba Maybelline Fit Me!Foundation yang formulanya ringan dan dan hasil mate membuat make up lebih tahan lama.

2. Bedak

Set foundation yang telah digunakan dengan bedak agar lebih tahan lama. Bedak juga berfungsi untuk mengontrol minyak kulit agar wajah tidak terlihat terlalu mengilap di tengah hari. Bedak compact atau TWC seperti Maybelline Fit me! Powder bisa jadi salah satu pilihan yang bisa Anda coba. Teksturnya ringan dan memberi hasil akhir yang memuaskan.

3. Blush

Beri rona pipi tipis-tipis untuk menambah warna pada wajah. Pilih blush yang pigmentasinya memuaskan dan mudah dibaurkan. Maybelline Color Show Blush memiliki warna-warna cantik yang bisa Anda pilih.

4. Blush brush

Agar warna blush tampak cantik di pipi, Anda memerlukan setidaknya satu jenis face makeup brush sebagai aplikatornya. Blush dapat terlihat terlalu berlebihan jika salah mengaplikasikannya. Gunakan brush yang tepat seperti Ecotools Blush Brush, sapukan blush tipis-tipis di pipi sampai mendapatkan intensitas warna yang diinginkan.

5. Eyeshadow

Untuk eyeshadow, pilih warna-warna netral yang bisa digunakan sehari-hari seperti Maybelline The Nudes Eyeshadow Palette. Palet ini memiliki 12 warna yang tergolong aman untuk pemula. Anda bisa mengombinasikan lebih dari 2 warna, atau bahkan bisa hanya menggunakan 1 warna di seluruh kelopak mata.

6. Eye Make Up Brush

Riasan mata yang cantik terletak pada seberapa baik Anda membaurkan eyeshadow. Untuk dapat melakukannya sudah pasti perlu eye makeup brush, apalagi kalau Anda ingin bereksperimen dengan riasan mata. MakeUp Geek Brushes & Brush Sets 6PC ini adalah set pemula yang menarik untuk dicoba. Ada 6 eye makeup brush yang sudah sangat cukup untuk membuat riasan mata yang menarik.

7. Eyeliner

Rias mata agar terlihat lebih cantik dengan eyeliner. eyeliner umumnya disukai oleh pemula karena mudah digunakan. HyperSharp Wing Liner dari Maybelline merupakan produk ini mudah sekali digunakan dengan bentuknya yang seperti Spidol yang lembut. Tarik di sepanjang garis bulu mata untuk membuat mata lebih terdefinisi.

8. Penjepit Bulu Mata


Untuk mendapatkan bulu mata yang lentik, jepit bulu mata dari bagian bawah dekat akar sampai ujung dengan penjepit bulu mata seperti The One Eyelash Curler dari Oliflame. Bulu mata yang lentik bisa membuat mata terlihat lebih terbuka dan cantik!

9. Maskara

Tambahkan maskara seteleh menjepit bulu mata untuk bulu mata yang lebih hitam, tebal, dan lentik. Gerakkan tongkat maskara secara zig-zag dari dasar bulu mata sampai ke ujung. Coba Maybelline the Lash Sensational Mascara yang bisa membuat bulu mata terlihat lebih menarik namun tidak berlebihan. Cocok untuk digunakan sehari-hari!

10. Lipstik

Lipstik merupakan salah satu produk makeup yang wajib dimiliki oleh pemula. Dengan memilih warna lipstik yang menarik, wajah bisa terlihat lebih cerah dan Anda bisa memakai makeup yang sangat minim namun tetap terlihat menarik dengan memulas warna yang menarik di bibir. Maybelline Rossy Matte Lipstick bisa jadi pilihan Anda untuk mencoba lipstik dengan formula matte. Walaupun matte, lipstik ini tidak membuat bibir menjadi pecah-pecah dan warnanya pun tahan lama.

Mengawali pagi dengan Kopi tanpa khawatir mengganggu diet.

Halo Selamat Pagi 😊

Pagi mendung gini enaknya ngopi ya guys. Kali ini aku mau Review Kopi Kapal Api yang tiap hari gak pernah absen nemenin pagi saya.

Yapp.. Kayanya rata-rata orang indonesia memulai harinya dengan secangkir kopi. Sama banget kaya aku. Aktifitas sehari-hariku tak lepas dari membuat kopi dan selalu aku teguk hangat-hangat di depan tivi. Tak kurang dua menit kopi di gelas kesayangan habis.

Dalam sehari aku mampu menghabiskan segelas kopi paling sedikitnya tiga gelas perhari. Jika tak minum kopi, kepalaku pusing, ngantuk, lemas, tak bergairah untuk beraktifitas dan aku bisa dikatakan pecandu kopi. 

Tiap pagi, Aku dan suami selalu menikmati segelas kopi hangat yang aku buat sebelum mandi. Atau kalau nggak sempat bikin dirumah biasanya aku akan memesan kopi di cafe/minimarket terdekat.

Setiap pulang kampung ke Medan, Nenekku selalu membuatkan aku kopi di pagi hari. Nenekku tahu kalau aku sudah menjadi pecandu kopi dan pada saat akan  kembali ke Bekasi Nenekku membekaliku setengah kilo bubuk kopi hitam dan sekilo gula pasir. Yach, nenekku memang benar-benar sayang aku. Begitulah aku karena aku dan kopi tak bisa dipisahkan.

 

Jika sudah habis bubuk kopi pemberian nenek aku kelimpungan sendiri. Masak sih harus pulang kampung gara-gara cuma minta bubuk kopi hitam. Ah…nggak mungkin ongkos kesana aja udah lumayan bikin aku merogoh kocek yang lumayan banyak.
Mau nggak mau aku harus mendapatkan kopi hitam itu, karena itu adalah minuman wajibku setelah air putih.

Untungnya dengan mudah aku mendapatkan kopi itu di warung depan rumah. Kapal Api Special menjadi pilihanku untuk menemani hari-hariku. Kapal Api Jelas Lebih enak menurutku karena tingkat kekentalan yang pas, sama seperti kopi tradisional medan yang biasa ku sruput. Setiap pagi kopi ini nangkring di antara tumpukan kertas. Sesekali sambil mikir dan mengerjakan tugas sesekali juga aku menyuruput kopi ini panas-panas. Mantap tenan, mataku nggak ngantuk lagi, kerja beres dan aku bisa berleha-leha.
Kopi yang sudah lengkap ini diproduksi oleh PT. Santos Jaya Abadi. Alamat perusahaan ini aku sudah familiar banget yaitu di daerah Sepanjang – Sidoarjo. Kapal Api Special yang selalu nangkring ini memiliki berat bersih 25 gram, selain itu tertera label Halal dari MUI. So, good deh jadi sruputanku tiap pagi 🙂

Yuk, kita ngopi 🙂

 

Untuk diet ini alhamdulillah aku selalu meminum kopi, tak masalah ternyata. Katanya sih ntar bisa tetep gemuk loh, kan kopinya dicampur dengan gula. Buktinya, dalam seminggu aja aku berhasil turun 2 kg, sekarang lagi proses diet lagi buat minggu depan. Yang penting jaga pola makan, olahraga teratur, dan berfikirlah positif. 

Informasi Gizi per secangkir kopi

  • Kilojoule                          8 kj
  • Kalori                                2 kkal
  • Lemak                                0,04 g
  • Lemak Jenuh                        0,004 g
  • Lemak tak Jenuh Ganda 0,002 g
  • Lemak tak Jenuh Tunggal 0,021 g
  • Kolesterol                         0 mg
  • Protein                                 0,21 g
  • Karbohidrat                         0,07 g
  • Serat                                 0 g

Sodium                                 4 mg

Kalium                                 83 mg

Oh ya, baidewe sebenarnya ada pro dan kontra seputar kopi dengan penurunan berat badan.

Ngebaca berbagai artikel pro nya seperti ini :

  • kopi bisa menekan nafsu makan.
  • kopi bisa membakar lemak.
  • kalori yang dimiliki kopi sangat sedikit.
  • kopi akan memberikan energi yang lebih banyak sehingga sangat optimal dalam membakar kalori lebih banyak

Kontranya seperti ini :

  • kandungan kafein pada kopi bisa menyebabkan kecanduan
  • kopi bisa menyebabkan dehidrasi
  • kopi bisa menaikkan berat badan, jika dalam kopi tersebut ditambah gula
  • kopi bisa menggangu proses pencernaan
  • Kopi sebagai teman dietku 🙂

Nah sudah jelas kan pro dan kontranya minum kopi. Tapi itu terserah individu masing-masing. Toh jika kita ingin sehat tapi tak ingin melewati secangkir kopi di pagi hari kita bisa menyiasati dengan olahraga, memakan makanan yang bergizi, cukup tidur, dan pastinya positif thingking ya. Insyaallah hidup akan semakin bermakna 🙂
Yuk, semangat diet lagi kaka minggu depan harus turun 2kg lagi ya 🙂

Paket ++ Dari Asus Zenfone 4 Max Pro

Halo 🙏 newbie masih kefikiran soal Review tentang asus sebelumnya, karna ngerasa belum 100% dan ide-ide masih numpuk di kepala jadi bangun pagi, cuci muka langsung ngedraft deh. Mumpung otak masih fresh dan belumada yang bikin Unmood 😂

​Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, ASUS tahun ini lebih cepat untuk meluncurkan produk terbaru mereka di Indonesia. Tak lama berselang dari peluncuran seri Zenfone 4 di Taiwan, kini ASUS telah meluncurkan salah satu dari seri produk Zenfone 4 di tanah air yaitu ASUS Zenfone 4 Max Pro.

Juga berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, ASUS justru lebih dahulu mengumumkan Zenfone 4 Max Pro di tanah air dibandingkan seri Zenfone 4 dan Zenfone 4 Selfie yang juga telah diumumkan ASUS saat event di taiwan bulan Agustus lalu.. ASUS Zenfone 4 Max pro membawa beberapa perubahan dari generasi sebelumnya, termasuk peningkatan baterai dan yang paling signifikan adalah dari sisi fotografi, ASUS menghadirkan dual kamera untuk Zenfone 4 Max Pro ini. Nah ini dia yang saya maksud nilai ++ , sudah dapat baterai badak yang gak habis-habis masih ditambah dapat hasil foto yang memuaskan dari dual kameranya itu sendiri.

Sepertinya ASUS cukup yakin Zenfone 4 Max Pro akan sangat diminati oleh pengguna di tanah air, mengingat penjualan seri Zenfone Max memang selalu tinggi demandnya bagi konsumen Indonesia, lalu seperti apa kehebatan dari ASUS Zenfone 4 Max pro ini, mari kita simak reviewnya berikut ini.

Desain 

photo by google picture

Desain dari Zenfone 4 Max Pro ZC554KL terlihat cukup berbeda jika dibandingkan generasi sebelumnya. Apalagi kali ini Zenfone 4 Max hadir dengan desain dual kamera di bagian belakang. Ini membuatnya lebih menyerupai Zenfone Zoom S, yang juga memiliki dual kamera di bagian belakang.

Namun pada Zenfone 4 Pro, perangkat ini terlihat lebih tebal. Tentu saja karena smartphone ini memiliki kapasitas baterai yang besar. Selain itu terdapat pula sensor fingerprint diletakan di bagian depan. berbeda dengan generasi sebelumnya yang memiliki sensor fingerprint di bagian belakang.

Dengan wujud berwarna hitam dan finishing matte, smartphone dari belakang smartphone ini tentu saja  juga jadi mirip seperti iPhone 7 Plus dengan varian jet black. Modul kamera dual berada di sisi kiri bagian atas, dengan lampu flash di pinggirnya. Logo ASUS samar-samar terlihat, juga berada di sisi bagian belakang.

Secara ergonomi, ASUS Zenfone 4 Max Pro ini lumayan nyaman digenggam. Varian yang saya coba adalah berwarna Black Deepsea, dengan sentuhan bertekstur matte. Finishing matte yang digunakan juga, memberikan grip lebih dan jadi tak licin pada tangan pengguna. Tapi  disamping itu juga ASUS memberikan proteksi tambahan berupa jelly case, sehingga resiko jatuh dari genggaman bisa lebih diminimalisir.

Perangkat ini memiliki layar berukuran 5,5 inci dengan depan layar memiliki kontur 2,5D. Bezel di bagian sisi kanan dan kiri cukup tipis, dan pada bezel bagian bawah, terdapat navigasi, dengan tombol home yang berfungsi sekaligus sebagai fingerprint. Sensor fingerprint ini tidak dapat berupa tombol, hanya modul sensor saja yang terpasang tanpa dapat ditekan.

Kali ini Zenfone 4 Max Pro memiliki dual SIM card dan slot MicroSD yang terpasang dedicated. Kedua slot SIM Card memiliki tipe nano, sehingga akan sangat menguntungkan bagi pengguna yang ingin menggunakan ekspansi memori tambahan. Tray SIM card di letakan di sisi sebelah kiri perangkat


Di sisi sebelah kanan, terdapat tombol volume dan tombol yang berdampingan. Lubang jack 3,5mm di bagian atas, serta slot Micro USB di bagian bawah. Ya, Zenfone 4 Max Pro masih menggunakan konektivitas MicroUSB, meskipun saat ini sudah banyak smartphone yang menggunakan USB Type C.

Spesifikasi

Spesifikasi dari Zenfone 4 Max Pro, untuk jeroannya tidak jauh berbeda dari generasi sebelumnya. Perangkat ini masih mengusung SoC Snapdragon 430 (Cortex A53 Octa-Core 1,4GHz+GPU Adreno 505) yang didampingi dengan RAM berkapasitas 3GB serta internal storage 32 GB. Layarnya menggunakan panel IPS berukuran 5,5 inci dengan resolusi HD.

Namun yang cukup berbeda ada pada fitur kamera yang digunakan. Smartphone ini mengusung kamera utama dengan dual sensor beresolusi 16MP, dengan setup normal-wide. Jika melihat fitur yang ditawarkan tentunya ini bisa disebut sebagai peningkatan, tapi tentunya kita akan membahas lebih detail bagaimana kualitas dari fitur baru pada kamera Zenfone 4 Max Pro ini.

Zenfone 4 Max Pro kembali mengusung kapasitas baterai yang besar. Setelah pada generasi sebelumnya disebut mengalami penurunan, karena hanya menggunakan baterai berkapasitas 4100mAh jika dibandingkan dengan generasi pertama yang menggunakan baterai berkapasitas 5000mAh. Kini ASUS kembali menghadirkan baterai berkapasitas 5000mAh untuk Zenfone 4 Max Pro ini.

Untuk sensor, Zenfone 4 Max Pro tetap lengkap dengan berbagai sensor mulai dari Acceleration, Proximity, Ambience Light, Compass, hingga  Gyroscope. Zenfone 4 Max Pro memiliki konektivitas 4G LTE yang dapat berfungsi di kedua slot yang tersedia dan menggunakan tipe nano. Bagi pengguna yang membutuhkan media penyimpanan tambahan, dapat menggunakan slot MicroSD Card yang terpasang secara dedicated. Konektivitas lain yang dimiliki yaitu Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, A-GPS, GLONASS, BDS dan juga USB OTG.

Fitur USB OTG menjadi penting bagi Zenfone 4 Max Pro karena perangkat ini mengandalkan baterai berkapasitas besar yang juga bisa ‘dibagikan’ ke perangkat lain yang membutuhkan daya. Oleh karena itu Zenfone 4 Max Pro menyediakan aksesoris kabel USB OTG pada pake penjualannya. Selain itu, paket penjualan pada Zenfone 4 Max Pro kini  menjadi sedikit lebih lengkap, yaitu dengan tersedianya jelly case.

Jadi secara keseluruhan, di dalam paket penjualan Zenfone 4 Max Pro tersedia  antara lain handset, buku panduan dan kartu garansi, kabel charger, adaptor charger, pin ejector, dan kabel USB OTG

Zen UI yang dihadirkan pada ASUS Zenfone 4 Max Pro jadi terlihat lebih simple karena kini lebih minim aplikasi preinstalled. Hmm, kali ini reviewer cukup senang karena lebih sedikit aplikasi bawaan yang terpasang pada Zenfone 4 Max Pro lebih sedikit, sehingga lebih mudah mencari aplikasi yang telah diinstall tanpa harus mengaduk-ngaduk folder terlebih dahulu.

Kamera

Kamera Utama

Kamera Zenfone 4 Pro dibekali dengan dua buah sensor, yang masing masing memiliki resolusi 16 MP – f/2.0, Dengan kombinasi sensor regular dan sensor wide. Untuk hasil kamera normal, dapat dikatakan kualitasnya masih jauh dari ekspektasi kami. Bahkan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, kamera pada Zenfone 4 Pro kualitasnya masih berada lebih dibawah.

Software kamera pada Zenfone 4 Pro nampaknya masih belum dioptimasi dengan baik. Pengambilan gambar terasa lambat sehingga pengguna harus mengendalikan smartphone dengan lebih steady saat ingin mengambil gambar. Kondisi kontras cahaya juga masih kurang stabil saat anda ingin memfokuskan pada titik gelap dan highlights. Saat anda meletakan fokus pada daerah terang, maka gambar akan menjadi terlalu gelap. Sebaliknya jika anda meletakan fokus pada daerah gelap, maka gambar akan menjadi overexposure. Berikut ini beberapa gambar yang berhasil kami abadikan menggunakan kamera normal Zenfone 4 Max Pro.

Untuk kamera wide yang memiliki  sudut 120 derajat, meski hanya menggunakan kamera 5 MP, tapi untuk setup pencahayaan justru bisa dibilang masih lebih baik dari pada kamera normal. Kontras cahaya tidak terlihat berlebih sehingga gambar yang ditampilkan terlihat lebih seimbang. Hanya saja resolusinya memang lebih kecil.

Kamera depan ASUS Zenfone 4 max Pro juga memiliki kamera dengan resolusi 16MP. selfienya. Meski kualitas foto yang dihasilkan tergolong cukup maksimal untuk bisa bersaing dengan smartphone selfie terkini, namun pengambilan gambar terasa lambat, dengan delay shutter yang terasa panjang. Sehingga pengguna perlu sedikit lebih lama memegang smartphone saat melakukan selfie. Lagi-lagi asumsi kami ini masih kekurangan pada optimalisasi software, karena kualitas foto yang dihasilkan apabila pengguna sedikit ‘bersabar’  bisa menghasilkan kualitas yang baik.

Baterai

Kapasitas baterai ASUS Zenfone 4 Max Pro kali ini memang mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya. Dengan baterai berkapastias 5000mAh, tentunya diharapkan smartphone ini akan kembali membawa kinerja baterai yang memukau. Kapasitas yang sama dengan generasi pertama, seperti apa hasilnya?

Ternyata smartphone ini mampu bertahan selama 16 Jam 4 menit. Angka tersebut cukup sesuai dengan ekspektasi kami, karena pada generasi sebelumnya yatiu Zenfone 3 Max yang menggunakan baterai 4100mAh, memiliki skor 14 Jam 5 menit. Wow dan you know what? perangkat ibi dapat bertahan kurang lebih 20 jam untuk full streaming video HD.

Kesimpulan

ASUS kembali membawa perubahan desain yang cukup mencolok jika dibandingka dengan dua generasi sebelumnya yaitu Zenfone Max dan Zenfone 3 Max. Kali ini terlihat lebih elegan walaupun lagi-lagi masih belum memiliki ciri khas yang membuatnya terlihat unik. ASUS Zenfone 4 Max Pro cukup mirip dengan Zenfone Zoom S yang sebelumnya telah muncul terlebih dahulu. Satu perubahan baru yang juga tampak seperti sedang melakukan survey kepuasan pengguna, apakah lebih senang fingerprint di bagian belakang atau di depan. Kali ini Zenfone 4 Max Pro menawarkan fingerprint yang diletakan di bagian depan.

Untuk performa, bisa dibilang Zenfone 4 Max Pro sama sekali tidak mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, karena spesifikasi dapur pacu yang digunakan masih sama. Namun tampaknya pengguna akan lebih nyaman dengan ASUS Zenfone 4 Max Pro, yang membawa OS versi baru yaitu Android Nougat 7.1. Apalagi kini juga tidak banyak lagi bloatware yang tersimpan di dalamnya. Aplikasi-aplikasi pre-installed adalah yang benar-benar dibutuhkan oleh pengguna mayoritas.

Manajemen daya kembali ditingkatkan oleh ASUS pada Zenfone 4 Max Pro. Tetap mengusung desain yang tipis, tapi Zenfone 4 Max Pro bisa memuat baterai dengan kapasitas 5000mAh. Tentunya dengan kapasitas baterai yang ‘kembali besar’ ini, Zenfone 4 Max Pro bisa memiliki kinerja daya yang lebih dibanding generasi sebelumnya yaitu Zenfone 3 Max.

Ditawarkan dengan harga awal yang lebih rendah dibandingkan dengan Zenfone 3 Max, Zenfone 4 Max Pro justru membawa fitur kamera yang lebih dengan hadirnya dual kamera dibagian belakang. Pilihan pengambilan gambar normal dan wide, akan membawa pengalaman baru bagi pengguna. Sayangnya peningkatan dari segi pengalaman masih belum dibarengi dengan kualitas. Untuk kamera normal, Zenfone 4 Max Pro terlihat sedikit mengalami penurunan jika kualitasnya dibandingkan dengan kamera Zenfone 3 Max. Terutama untuk mode auto, algoritma softwarenya seperti belum teroptimasi dengan baik. Berbeda dengan kamera wide, yang justru memperlihatkan kualitas warna dan cahaya yang lebih seimbang.

Jadi dengan semua hal yang dibawa oleh Zenfone 4 Max Pro, apakah smartphone ini cukup layak dikantongi dengan harga Rp. xxxxxxx? Lagi-lagi smartphone masih lebih cocok untuk pengguna yang membutuhkan smartphone dengan kapasitas besar. Sementara kualitas kamera dengan fitur dual lensa normal dan wide, masih bisa dibilang sebagai bonus tambahan. Kami masih menunggu ASUS untuk segera menghadirkan perbaikan jika benar masalah kualitas gambar hanya karena masalah software.

Kelebihan:

– Baterai Besar

– Aksesoris Lengkap

– Performa baik

– Dual kamera Normal/Wide

– Dual SIM Card + Micro SD Dedicated
Kekurangan

– Setup software kamera belum optimal

– Pengaturan parameter kamera lebih minim

– Tidak ada fast charging untuk baterai besar.

Review Asus Zenfone 4 Max Pro

Assalamualaikum.

Halo.. Ini Pertama kali banget saya mau review Gadget jadi pasti banyak yang kurang berkenan. Tapi punten harap jangan dibully 🙏 Pertama Saya mau review Gadget keluaran baru dari brand Asus. Kenapa Gadget? Karena saya mau eksplor lebih banyak 😁 Kenapa Asus? Karena kebetulan Handphone Saya dan Suami bermerk Asus.

Memasuki generasi ke-4, salah satu varian dari Zenfone 4 sudah hadir resmi di Indonesia. Zenfone 4 Max Pro, varian entry dari keluarga Zenfone 4 ini hadir dengan tagline We Love Photo & Energy. Maksudnya? Nah mari kita simak.


seperti semacam “tradisi” kalau setiap generasi, ada varian Max nya yang berfokus pada daya tahan baterai. Yang menarik, selain baterainya, Zenfone 4 Max juga ikut punya ciri khas Zenfone generasi 4, yaitu dual camera.

Oh iya, ada satu catatan, varian Zenfone 4 Max yang saya review ini merupakan varian Pro, nama lengkapnya Zenfone 4 Max Pro. Bedanya sama yang Max “polos” ada di kamera. Zenfone 4 Max Pro punya kamera utama belakang dan kamera depan beresolusi 16 MP, sementara Zenfone 4 Max “polos” hanya 13 MP. Itu aja, selebihnya sama.

photo by digit.in

Kesan pertama waktu melihat device-nya langsung adalah hmm… agak familiar ya, terutama bagian belakang. Benar, karena Zenfone 4 Max Pro sekilas terlihat seperti Zenfone Zoom S dengan dua kamera dan bodi metal. Tapi persamaannya sampai disitu saja. Ini karena sekarang sensor sidik jari alias Fingerprint tidak lagi berada di belakang, pindah ke depan.

Asus Zenfone Zoom S by Musicphotolife.com

Asus Zenfone 4 Max Pro by Tekno.kompas.com

Sensor ini juga berfungsi ganda sebagai tombol home meskipun bukan tombol fisik hanya tombol sentuh seperti back dan recent apps di sisi-sisinya. Posisi depan ini bikin jadi mudah kalau misalnya posisi hape di meja, bisa di-unlock segera dengan tap sensor fingerprint-nya tanpa harus diangkat atau pakai input PIN/Password.

Soal angkat-angkat hape, satu hal yang saya notice dari Zenfone 4 Max Pro ini adalah bobotnya. Dibandingkan seri Max sebelumnya, si Max Pro ini sedikit lebih tebal dan berat. Tentunya bisa ditebak dengan mudah alasan bodi smartphone ini membesar. Asus menanamkan baterai berkapasitas 5000 mAh yang diklaim bisa standby hingga 46 hari.  Ingat, klaim ini adalah untuk STANDBY, seberapa real-nya nanti saya beberkan di bawah.

Nah untungnya desain bodi Max Pro ramah di tangan dengan lengkung-lengkung di sisi membuatnya bisa lebih mantap digenggam. Meskipun, sisi bodi metalnya di bagian belakang gampang banget terlihat jorok karena bercak sidik jari dan keringat tangan lebih mudah nempel ketimbang dibersihkan. Harus di lap beberapa kali terutama pas mau di foto buat artikel ini.
Hal baru yang ada di Max Pro ini adalah slot simcard nya. Sekarang slot ini punya tiga tray, jadi dua nano sim dan microSD, muat semua nggak perlu rebutan lagi slot sim kedua dengan microSD. Slot ini beada di sisi kiri sementara sisi kanannya masih sama dengan tombol power dan volume.

Tombol volume tadi juga bisa berfungsi untuk menyalakan kamera dengan cepat yaitu menekannya dua kali berturut-turut. Ini lah daya tarik lain dari Zenfone 4 Max Pro. Konfigurasi kamera ganda ini terdiri dari 1 kamera standar atau dengan sudut pandang normal, 1 lagi kamera bersudut pandang luas alias wide-angle. Hanya saja, kamera wide nya ini cuma punya resolusi 5 MP. Jauh sekali dengan kamera utamanya yang punya resolusi 16 MP. Bisa dibilang kamera wide ini fitur ekstra yang berguna di saat tertentu.
Sementara itu fitur lainnya adalah sebuah LED flash tanpa laser autofocus. Kamera utama 16 MP sudah mendukung Phase Detection Autofocus (PDAF) yang membantu kecepatan kunci fokus ke satu titik. Pada prakteknya, kamera smartphone ini cukup bisa diandalkan meski sejujurnya jika dibandingkan dengan Zenfone 3 MAX kecepatan fokusnya kalah responsif. Satu hal lagi, kamera wide-angle Max Pro tidak mendukung autofocus sama sekali, jadi ketika di tap bagian tertentu, dia hanya akan melakukan penyesuaian exposure.

Kualitasnya? Kamera utama 16MP menghasilkan foto yang cukup baik, bisa diandalkan lah terutama jika kondisi cahaya optimal atau berada di luar ruangan. Cukup tajam dan detail masih ditangkap dengan baik. Tidak adanya penstabil gambar sama sekali baik OIS atau EIS berarti ketika memotret harus sedikit sigap kalau tidak mau berakhir dengan foto yang goyang alias shake.

Ceritanya sedikit berbeda dengan kamera wide angle nya. Sudut pandang yang lebih lebar dan agak distorsi ala-ala Action Cam, pada kondisi cahaya optimal, hasil fotonya menarik. Sayangnya, kualitas fotonya dibawah kamera utama. Bukan, bukan soal resolusinya yang lebih rendah, tapi keseluruhan kualitas tangkapan gambarnya memang terlihat kurang baik terutama ketika kondisi cahaya mulai banyak berkurang. Jadi ketika lingkungan mulai remang-remang, hindari menggunakan kamera wide-angle nya.

Nah untuk kamera depan, selain resolusi yang terbilang tinggi, 16MP, ada LED Flash juga yang bisa membantu kalau mau selfie di kondisi kurang cahaya. Kualitasnya kurang lebih sama ama kamera 16MP belakang which is good enough.

Selama saya trial Zenfone 4 Max Pro untuk motret termasuk berbagai kegiatan lainnya di hari itu, baterai smartphone ini bisa diandalkan, banget malah. saya termasuk pengguna berat, terutama karena cukup sering saya pakai main game, selfie, wefie, streaming korea, browsing dan main sosmed tapi biarpun begitu, si Max Pro cuma berkurang 5% dengan pemakaian lebih kurang satu setengah jam. Maklum, saya kalau udah pegang hp bagus suka berasa milik pribadi.

Keluhan saya cuma satu, ngecas alias isi ulang baterai yang lama, seriously, dibutuhkan waktu minimal 4 jam bahkan lebih untuk mengisi penuh. Oke, saya faham lah karena baterainya besar, 5000 mAh.

Buat yang pengunaannya lebih ringan misalnya cuma sosmed dan striming Youtube, smartphone ini bisa dengan mudah nembus 2 hari mungkin lebih. Irit ya. Tentu karena selain baterai yang besar, beberapa komponen di Max Pro juga mendukung penghematan daya tersebut salah satunya adalah layar yang ‘hanya’ beresolusi HD alias 720p. Layar ini tidak jelek, hanya saja jika sebelumnya sudah terbiasa dengan layar Full HD 1080p, bakalan notis kalau layar Max Pro kurang greget. Tapi buat orang kebanyakan layar ini sudah memadai. 

Lalu seperti seri Max sebelumnya, Zenfone 4 Max Pro ini juga mendukung fitur reverse charging yang artinya bisa digunakan untuk ngecas perangkat lain. Bedanya, kali ini reverse charging ini bisa mengeluarkan arus hingga 1A dibandingkan hanya 500 mAh pada seri sebelumnya.

Berikutnya yang juga menyumbang faktor irit daya adalah SoC nya. Zenfone 4 Max Pro menggunakan Snapdragon 430, yap, sama dengan Zenfone 3 Max sebelumnya. Masih dengan delapan inti alias octa-core prosesor, kinerjanya masih terbilang cukup oke. Bonusnya adalah, sekarang GPU Adreno 505 bekerja lebih ringan karena hanya menangani layar 720p ketimbang layar 1080p pada generasi sebelumnya.

Sampailah pada kesimpulan. Selama saya pakai Zenfone 4 Max Pro kurang lebih 2 jam, secara umum saya suka banget. Baterai jumbonya bikin lebih santai ketika menggunakan smartphone ini sehari-hari walaupun pengunaan cukup berat, karena selama ini kalo ada undangan blogger itu saya harus sedia charger dan powerbank untuk jaga-jaga Handphone mati tapi saya rasa 5000 mAh cukuplah buat saya.

Kinerja keseluruhan sistem responsif, lag dan stutter minor hanya terasa ketika menjalankan game berat saja. Poin plus juga buat adanya kamera wide angle yang bisa bikin foto sedikit berbeda.

Spesifikasi

SoC : Qualcomm Snapdragon 430 Octa-Core

Memory : 3 GB

Internal Storage : 32 GB

Layar : 5.5 inci 720p (720×1280)

Software : Android 7.1.1 + Zen UI 4.0

Kamera Belakang : 16MP f/2.0 PDAF + 5MP f/2.2 Wide Angle, LED Flash

Kamera Depan : 16MP f/2.0, LED Flash

Baterai : 5000 mAh

Konektivitas : Wi-fi 802.11 b/g/n+Bluetooth 4.0

Port : Micro USB 2.0, 3.5mm Headphone Jack

Weight : 181 gram

Dimension : 154 x 76,9 x 8,9 mm 

Pokoknya yang bakal gak bisa tidur itu ya baterai badak 5000 mAhnya itu 😥 kebayang kan acara blogger bisa sambil ngedraft, stock foto, recording tanpa harus khawatir handphone mati ditengah perjalanan. Doain ya guys semoga diriku bisa punya Asus seri ini biar ngeblognya makin rajin.

Campaign Lanjutan Aksi Tolak Penyalahgunaan Obat

Halo 😊

Masih Berlanjut dari Tulisan Saya yang Sebelumnya. Jadi harus baca dulu ya tulisan sebelumnya 😊 

Mengenai Campaign Aksi Tolak Penyalahgunaan Obat di Buperta Cibubur. Beberapa bulan terakhir ini banyak sekali saya mendapati berita public figur yang terkait kasus narkoba. Belum lagi anak-anak dibawah umur yang masuk rumah sakit akibat mengkonsumsi pil PCC 😣 geram sekali melihatnya , karena anak-anak kita juga bisa saja terpengaruh oleh lingkungan bermain/sekolahnya. Karena hal ini BPOM menggelar Campaign Aksi Tolak Penyalahgunaan Obat di Buperta Cibubur guna mengedukasi tentang bahayanya jika mengkonsumsi NAPZA.

Tidak berhenti sampai disitu, BPOM menyadari bahwa masyarakat butuh lebih dari itu. Kali ini Badan Pengawas Obat Nasional (BPOM) Kembali hadir di area Car Free Day (CFD) Jakarta untuk mengajak masyarakat bersama-sama perang terhadap penyalahgunaan Obat dan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (Napza).

Kegiatan yang dihadiri pula oleh perwakilan Badan Narkotika Nasional (BNN), Kepolisian RI (Polri), anggota Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), serta para pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Jakarta dan mahasiswa dari beberapa Perguruan Tinggi Farmasi di Jakarta ini mengusung tema “Tolak Penyalahgunaan Obat dan Napza”.


Tema tersebut diangkat karena kondisi penyalahgunaan obat dan napza di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini sudah sangat mengkhawatirkan. Data BNN-Puslitkes UI melalui Survei Nasional Prevalensi Penyalahgunaan Narkoba Tahun 2014 menyebutkan bahwa saat ini Indonesia Darurat Narkoba. Sebanyak 4.022.702 (2,18%) masyarakat Indonesia menjadi penyalahguna narkotika dimana 91,3% berjenis kelamin laki-laki dan 60,7% pengguna memiliki tingkat pendidikan SMU/MA sederajat.

Sasaran awalnya adalah anak-anak, baik anak-anak dibawah umur. Karena anak-anak sangat mudah terpengaruh. Dan ini adalah masalah sosial yang sangat serius dan harus ditangani bersama-sama. Tidak hanya oleh Pemerintah dan BPOM. Dukungan Orang tua, guru dan lingkungan sekitar juga sangat membantu karena waktu mereka lebih banyak menghabiskan waktu dengan anak-anak.

Upaya penanganan kejahatan dan penyalahgunaan obat ini memerlukan solusi holistik pada seluruh rantai demand dan supply, baik melalui upaya preventif maupun represif.

Acara dimulai dengan long march di sepanjang area CFD tepatnya dari Jalan Imam Bonjol menuju Bundaran Hotel Indonesia dan berakhir di depan Sarinah Thamrin Plaza. Kepala Badan POM RI beserta jajaran dan para peserta yang hadir tak henti menyampaikan pesan edukasi kepada masyarakat pengunjung area CFD selama long march, baik melalui jingle edukasi dan lagu-lagu perjuangan, yel-yel tolak penyalahgunaan obat dan napza, hingga pesan-pesan edukatif yang tertulis pada poster dan banner.

Selain itu juga dilakukan penggalangan komitmen dari unsur Pemerintah, Asosiasi, Organisasi, Pelajar dan Mahasiswa, serta masyarakat yang hadir di area CFD untuk bersinergi memerangi penyalahgunaan obat dan napza demi menjaga stabilitas nasional. “Kelompok pelajar dan mahasiswa ini akan menjadi Duta Tolak Penyalahgunaan Obat dan Napza. Mereka diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan Badan POM RI dalam mendorong kesadaran pelajar dan mahasiswa untuk perang terhadap penyalahgunaan obat dan napza”, jelas Kepala Badan POM RI.

Masyarakat harus menjadi konsumen cerdas. “Gunakan obat sesuai indikasi dan aturan pakai sebagai upaya penyembuhan penyakit. Jangan digunakan secara sembarangan atau bahkan disalahgunakan, maka akan membahayakan kesehatan.  Hati hati juga dalam memperoleh obat.  Obat hanya dapat diperoleh di apotek, toko obat berizin dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya” tutup Kepala Badan POM RI.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Contact Center HALO BPOM di nomor telepon 1-500-533, SMS 0-8121-9999-533, email halobpom@pom.go.id, atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.